Faktor Yang Mempengaruhi Mahal Tidaknya Biaya Umroh

Faktor yang Mempengaruhi Mahal Tidaknya Biaya Umroh – Banyak jemaah umroh yang sering menanyakan biaya sebelum memilih travel umroh. Perbedaan tarif ini sendiri memang bervariasi. Banyak faktor yang menyebabkan ada biaya murah dan mahal. Berikut ulasan mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi tarif umroh. Simak baik-baik ya.

Maskapai Penerbangan yang Digunakan

Harga tiket pesawat merupakan faktor biaya paling besar dalam penentuan tarif umroh. Sekitar 60 sampai 70 persen aspek biaya dikeluarkan oleh jamaah umroh digunakan untuk membayar tiket pesawat. Pesawat dengan penerbangan langsung mencakup beberapa maskapai pesawat seperti Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Citilink, dan Lion Air. Harganya pun bervariasi, bergantung pada fasilitas yang disediakan oleh maskapai.

Demi menghemat biaya umroh, tidak jarang biro travel yang memanfaatkan maskapai penerbangan yang melakukan penerbangan Jakarta – Jeddah melalui transit di negara ke tiga terlebih dahulu. Misalnya seperti Emirates (Dubai), Oman Air (Oman), Air Asia (Kuala Lumpur), Malaysia Airlines (Malaysia), dan masih banyak lagi.

Muthawif dan Bus

Faktor lain yang mempengaruhi biaya umroh adalah muthawif dan bus yang disediakan. Biasanya, sewa bus digunakan untuk ziarah ataupun city tour di seputar Kota Jeddah, Mekkah, dan Madinah, serta layanan dari atau ke bandara. Adanya muthawif atau pembimbing ibadah juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi tarif umroh yang ditetapkan.

Hotel dan Akomodasi

Hotel ataupun penginapan sangat berpengaruh terhadap tarif umroh. Hotel yang banyak ditawarkan dalam paket umroh oleh berbagai biro travel biasanya mulai dari hotel bintang 3, bintang 4, dan bintang 5 dengan harga yang sangat bervariasi. Perlu Anda ketahui, harga hotel dan penginapan tidak hanya ditentukan oleh tingkat bintang atau fasilitas saja namun juga ditentukan oleh jarak dari hotel ke masjid.

Semakin tinggi kategori bintang, maka akan identik dengan jarak ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi dan tentu saja akan mempengaruhi harga yang ditawarkan dan mempengaruhi biaya umroh juga. Karena adanya perluasan Masjidil Haram, mengakibatkan adanya penggusuran berbagai hotel dan penginapan. Sehingga, biaya penginapan dan hotel pun cenderung naik.

Waktu Saat Umroh

Jumlah hari umroh juga berpengaruh ke tarif umroh. Semakin lama masa tinggal Anda di Makkah dan Madinah, maka tarif umroh yang dikenakan juga akan semakin mahal. Biasanya, masing-masing biro umroh memiliki durasi atau masa tinggal sendiri-sendiri. Biasanya, standar jumlah hari umroh adalah 9 hari. Namun ada juga biro travel yang mempunyai paket 11, 12, atau 14 hari dan umroh plus negara ketiga.

Nah, itu dia ulasan mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi biaya umroh yang patut Anda ketahui. Berbagai parameter tersebut semoga bisa membantu para calon jamaah umroh dalam menentukan biro travel yang akan digunakan. Pastikan Anda memilih biro travel yang terpercaya dengan tarif yang sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*